Model ASSURE adalah model
pembelajaran yang dapat digunakan untuk jenis media yang tepat dalam proses
pembelajaran. Model ini dikembangkan untuk menciptakan aktivitas pembelajaran
yang efektif dan efisien, khususnya pada kegiatan pembelajaran yang menggunakan
media dan teknologi. Model ini, berorentasi pada KBM. Strategi pembelajarannya
melalui pemilihan dan pemanfaatan metode, media, bahan ajar, serta peran serta
pembelajar di lingkungan belajar.Assure model di desain untuk membantu Guru
dalam merancang rencana pembelajaran yang terintegrasi dan efektif dengan
menggunakan teknologi dan Media dalam kelas.
Tahapan -Tahapan ASSURE
1. ANALYZE LEARNER (Analisis Pembelajar)
a. General Characteristics (Karakteristik Umum)
b. Specific Entry Competencies ( Mendiagnosis kemampuan awal pembelajar)
c. Learning Style (Gaya Belajar)
s2. STATE STANDARDS AND OBJECTIVES (Menentukan Standard Dan Tujuan) Dalam merumuskan tujuan dan standar pembelajaran perlu memperhatikan dasar dari strategi, media dan pemilihan media yang tepat.
33. SELECT STRATEGIES, TECHNOLOGY, MEDIA, AND MATERIAL
Memilih format media dan sumber belajar yang disesuaikan dengan pokok bahasan atau topik. Peran media pembelajaran menurut Smaldino
· Memilih , Mengubah, dan Merancang Materi
44. UTILIZE TECHNOLOGY, MEDIA AND MATERIALS (Menggunakan Teknologi, Media dan Bahan Ajar)
Sebelum kami memanfaatkan media dan bahan yang ada, sterlebih dahulu kami mengikuti langkah-langkah seperti dibawah ini,yaitu:
- Mengecek bahan (masih layak pakai atau tidak)
- Mempersiapkan bahan
- Mempersiapkan lingkungan belajar
- Mempersiapkan pembelajar
- Menyediakan pengalaman belajar (terpusat pada pengajar atau pembelajar)
5. REQUIRE LEARNER PARCIPATION (Mengembangkan Partisipasi Peserta Didik)
Tujuan utama dari pembelajaran adalah adanya partisipasi siswa terhadap materi dan media yang kita tampilkan.
1. Latihan Prnggunaan Teknologi
2. Umpan Balik
6. EVALUATE AND REVISE (Mengevaluasi dan Merevisi)
Penilaian dan perbaikan adalah aspek yang sangat mendasar untuk mengembangkan kualitas pembelajaran. Penilaian dan perbaikan dapat berdasarkan dua tahapan yaitu:
1. Penilaian Hasil Belajar Siswa,
2. Menilai dan Memperbaiki Strategi, teknologi dan Media
3. Revisi Strategi, Teknologi
b Berikut analisis metode ASSURE yang dapat diterapkan dengan metode video animasi yang kami pilih dalam proses pembelajaran di MI AL- Muhsin untuk Mata Pelajaran Bahasa Arab kelas 3 :
1. Analyze learner
Karakteristik siswa kelas
III MI Al-Muhsin Kerapyak Wetan : Para siswa masih ingin bermain-main, aktif
bergerak dan aktif berbicara di kelas. Dan masih ditemukan beberapa siswa yang
kurang lancar dalam membaca dan menulis khususnya pelajaran Bahasa Arab. Untuk
itu siswa sangat membutuhkan bimbingan dan perhatian yang penuh dari guru.
Maka kami disini ingin memperkenalkan
penggunaan media pembelajaran melali IT sebagai penunjang proses KBM di kelas
bahasa Arab. Supaya mereka lebih tertarik untuk mengikuti proses KBM. Media
yang digunakan SD tersebut masih sederhana. Siswa menjadi
sangat bersemangat ketika diperkenalkan model pembelajaran yang menurut mereka
baru mereka lihat.
2 2. State Objective
Menjadikan siswa tertarik untuk mengikuti pelajaran
Bahasa Arab khususnya di kelas III. Supaya siswa mampu memahami menyebutkan lebih banyak
kosa kata setelah mereka melihat video animasi dan menuliskan arti dari kata-kata dalam
bahasa Arab. 3. Select Media and Materials
Pembelajaran Bahasa Arab dengan
menggunakan media berupa video animasi akan menarik perhatian siswa SD kelas 3
karena video tersebut berisi gambar-gambar dan suara yang dapat menarik
perhatian siswa, sehingga hal itu dapat menumbuhkan motivasi dalam belajar
siswa dan akan lebih meningkatkan
pemahaman tentang kosakata Bahasa Arab tersebut. Dengan melihat jumlah siswa
yang ada sekitar 18 siswa guru akan mudah mengkondisikan siswanya. Sehingga
media video animasi dapat membuat siswa
- siswa tersebut mendapatkan pelajaran yang lebih bervariasi dari guru dan
tidak membuat siswa merasa bosan.
4. Utilize Media and Materials
Kami menggunakan media video animasi
dalam pembelajaran bahasa Arab ini. Kegiatan ini kami lakukan dilab komputer
karena di tiap kelas belum tersedianya fasilitas LCD. Kami mengkondisikan siswa
telah mengetahui materi yang telah diajarkan sebelumnya jadi siswa telah
mengetahui dasar dari penayangan video tersebut. Untuk bahan ajar atau materi
sudah disiapkan oleh guru yang bersangkutan.
5. Require Learner Participation
Kami menayangkan video pembelajaran
mengenai kosakata Bahasa Arab tentang warna , anggota keluarga, dan tempat -
tempat. Siswa kemudian mmenyebutkan kata sesuai dengan yang kosa kata yang ada di video tersebut.
6. Evaluate and Revise
Dalam hal
ini pemilihan video sebagai media sangat efektif dimana dapat
membantu siswa dalam pemahaman isi materi yang disampaikan. selain itu tujuan
pembelajaran juga lebih tersampaikan dengan baik. pembelajaran Bahasa Arab dengan
menggunakan media berupa video animasi akan menarik perhatian siswa SD kelas 3
karena video tersebut berisi gambar-gambar dan suara yang dapat menarik
perhatian siswa. Media
video animasi dapat membuat siswa -
siswa tersebut mendapatkan pelajaran yang lebih bervariasi dari guru dan tidak
membuat siswa merasa bosan.
wholesale sex toys,horse dildo,sex chair go right here
BalasHapus