Kamis, 04 April 2013


Model ASSURE adalah model pembelajaran yang dapat digunakan untuk jenis media yang tepat dalam proses pembelajaran. Model ini dikembangkan untuk menciptakan aktivitas pembelajaran yang efektif dan efisien, khususnya pada kegiatan pembelajaran yang menggunakan media dan teknologi. Model ini, berorentasi pada KBM. Strategi pembelajarannya melalui pemilihan dan pemanfaatan metode, media, bahan ajar, serta peran serta pembelajar di lingkungan belajar.Assure model di desain untuk membantu Guru dalam merancang rencana pembelajaran yang terintegrasi dan efektif dengan menggunakan teknologi dan Media dalam kelas. 

 Tahapan -Tahapan ASSURE

 1.    ANALYZE LEARNER (Analisis Pembelajar)
a.      General Characteristics (Karakteristik Umum)
b.     Specific Entry Competencies ( Mendiagnosis kemampuan awal pembelajar)
c.     Learning Style (Gaya Belajar) 

s2. STATE STANDARDS AND OBJECTIVES (Menentukan Standard Dan Tujuan) Dalam merumuskan tujuan dan standar pembelajaran perlu memperhatikan dasar dari strategi, media dan pemilihan media yang tepat.

33. SELECT STRATEGIES, TECHNOLOGY, MEDIA, AND MATERIAL
Memilih format media dan sumber belajar yang disesuaikan dengan pokok bahasan atau topik. Peran media pembelajaran menurut Smaldino
·         Memilih , Mengubah, dan Merancang Materi

44. UTILIZE TECHNOLOGY, MEDIA AND MATERIALS (Menggunakan Teknologi, Media dan Bahan Ajar)
Sebelum kami memanfaatkan media dan bahan yang ada, sterlebih dahulu kami mengikuti langkah-langkah seperti dibawah ini,yaitu:
-  Mengecek bahan (masih layak pakai atau tidak)
-  Mempersiapkan bahan
-  Mempersiapkan lingkungan belajar
-  Mempersiapkan pembelajar
-  Menyediakan pengalaman belajar (terpusat pada pengajar atau pembelajar)

 5.  REQUIRE LEARNER PARCIPATION (Mengembangkan Partisipasi Peserta Didik)
Tujuan utama dari pembelajaran adalah adanya partisipasi siswa terhadap materi dan media yang kita tampilkan.
1.      Latihan Prnggunaan Teknologi
2.      Umpan Balik

 6.  EVALUATE AND REVISE (Mengevaluasi dan Merevisi)
Penilaian dan perbaikan adalah aspek yang sangat mendasar untuk mengembangkan kualitas pembelajaran. Penilaian dan perbaikan dapat berdasarkan dua tahapan yaitu:
1.      Penilaian Hasil Belajar Siswa,
2.      Menilai dan Memperbaiki Strategi, teknologi dan Media
3.      Revisi Strategi, Teknologi

b    Berikut analisis metode ASSURE yang dapat diterapkan dengan metode video animasi yang kami pilih dalam proses pembelajaran di MI AL- Muhsin untuk Mata Pelajaran Bahasa Arab kelas 3 : 

   1. Analyze learner

Karakteristik  siswa kelas III MI Al-Muhsin Kerapyak Wetan : Para siswa masih ingin bermain-main, aktif bergerak dan aktif berbicara di kelas. Dan masih ditemukan beberapa siswa yang kurang lancar dalam membaca dan menulis khususnya pelajaran Bahasa Arab. Untuk itu siswa sangat membutuhkan bimbingan dan perhatian yang penuh dari guru.
            Maka kami disini ingin memperkenalkan penggunaan media pembelajaran melali IT sebagai penunjang proses KBM di kelas bahasa Arab. Supaya mereka lebih tertarik untuk mengikuti proses KBM. Media yang digunakan SD  tersebut masih  sederhana. Siswa menjadi sangat bersemangat ketika diperkenalkan model pembelajaran yang menurut mereka baru mereka lihat.


2 2. State Objective

                  Menjadikan siswa tertarik untuk mengikuti pelajaran Bahasa Arab khususnya di kelas III. Supaya siswa mampu memahami menyebutkan lebih banyak kosa kata setelah mereka melihat video animasi dan menuliskan arti dari kata-kata dalam bahasa Arab. 3.      Select Media and Materials

Pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan media berupa video animasi akan menarik perhatian siswa SD kelas 3 karena video tersebut berisi gambar-gambar dan suara yang dapat menarik perhatian siswa, sehingga hal itu dapat menumbuhkan motivasi dalam belajar siswa dan  akan lebih meningkatkan pemahaman tentang kosakata Bahasa Arab tersebut. Dengan melihat jumlah siswa yang ada sekitar 18 siswa guru akan mudah mengkondisikan siswanya. Sehingga media video animasi  dapat membuat siswa - siswa tersebut mendapatkan pelajaran yang lebih bervariasi dari guru dan tidak membuat siswa merasa bosan.

4.      Utilize Media and Materials

Kami menggunakan media video animasi dalam pembelajaran bahasa Arab ini. Kegiatan ini kami lakukan dilab komputer karena di tiap kelas belum tersedianya fasilitas LCD. Kami mengkondisikan siswa telah mengetahui materi yang telah diajarkan sebelumnya jadi siswa telah mengetahui dasar dari penayangan video tersebut. Untuk bahan ajar atau materi sudah disiapkan oleh guru yang bersangkutan.


5.      Require Learner Participation

Kami menayangkan video pembelajaran mengenai kosakata Bahasa Arab tentang warna , anggota keluarga, dan tempat - tempat. Siswa kemudian mmenyebutkan kata sesuai dengan yang  kosa kata yang ada di video tersebut.

6.      Evaluate and Revise

Dalam hal ini pemilihan video sebagai media sangat efektif  dimana dapat membantu siswa dalam pemahaman isi materi yang disampaikan. selain itu tujuan pembelajaran juga lebih tersampaikan dengan baik. pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan media berupa video animasi akan menarik perhatian siswa SD kelas 3 karena video tersebut berisi gambar-gambar dan suara yang dapat menarik perhatian siswa. Media video animasi  dapat membuat siswa - siswa tersebut mendapatkan pelajaran yang lebih bervariasi dari guru dan tidak membuat siswa merasa bosan.











1 komentar: